Assalamu'alaikum wr.wb.

Sobat tak puas dengan header standar bawaan blogger? Sobat ingin header macam lain? Template macam minima memang enak mengubah header, tapi minim estetiknya. Template ini berawal dari tictac yang tiga kolom di kanan dan kiri. Saya juga sudah ada template yang sidebarnya ada di kanan semua seperti di sini.

Memang untuk template yang bukan minima, banyak proses yang harus digunakan. Untuk template basicnya yang tictac macam ini, prosesnya harus melewati editing gambar, bisa melalui Photoshop (ini yang saya lakukan), Corel, atau sekedar picture manager.

Ok deh kita mulai saja.

Langkah yang harus dilakukan:
  1. Download template ini di sini, kemudian aplikasikan pada blog latihan sobat. Jika sobat belum punya blog latihan, sebaiknya buat satu buah blog yang khusus untuk berlatih.

  2. Masuk ke google account sobat --> pengaturan --> edit HTML

  3. Jangan lupa beri centang pada tulisan Expand Template Widgets yang ada disebelah kanan atas kode HTML

  4. Cari kode header wrapper




    #header-wrapper {
    margin: 0 0 0 -10px;
    padding: 0;
    font: $pagetitlefont;
    background: #e0e0e0
    url(http://www.geocities.com/ardhiprabowo_pasca/Header- Pakdhe5.jpg) no-repeat 0px 0px;
    }

  5. Tulisan yang berwarna merah adalah file headernya. Blok tulisan berwarna merah tersebut, kemudian copy dan paste dibrowser sobat. Maka browser akan menampilkan gambar tersebut seutuhnya.

  6. Klik kanan dan klik save image as, lalu letakkan di komputer sobat.

  7. Nah sekarang sobat sudah memiliki file dengan ukuran yang sama dengan file header saya. Silahkan berkreasi dengan file tersebut.
Penjelasan diatas baru langkah pertama. Langkah selanjutnya adalah mengupload file hasil kreasi sobat ke geocities. Jika belum memiliki panduannya bisa diikuti disini. Langkah selanjutnya gantilah huruf yang berwarna merah dengan file sobat. SELESAI.

Mudah bukan?

Semoga bisa memberikan penjelasan.

Wassalamu’alaikum wr.wb.